Orang-orang menyewa layanan pembersihan perumahan untuk membuat hidup mereka lebih mudah. Sebagai kontraktor pembersih, Anda tidak hanya perlu memberikan layanan yang baik, tetapi Anda juga perlu sering berkomunikasi dengan klien Anda untuk memastikan bahwa kedua belah pihak memahami tanggung jawab mereka dan bahwa tidak ada kesalahpahaman.
Sebelum mengambil klien baru, penting untuk menentukan layanan apa yang termasuk dalam layanan pembersihan mereka. Saat Anda berjalan melewati rumah dengan klien mendiskusikan daftar spesifikasi apa yang akan dibersihkan, pastikan untuk mengajukan banyak pertanyaan klarifikasi. Misalnya, "jadi Anda TIDAK ingin kami membersihkan lemari curio?"
Berikan klien Anda daftar spesifikasi tertulis sehingga mereka tahu apa yang tercakup dalam pembersihan rutin mereka. Daftar spesifikasi Anda juga dapat mencakup layanan tambahan yang dapat Anda berikan seperti pembersihan karpet atau pencucian jendela, biaya untuk layanan tersebut, dan berapa banyak pemberitahuan sebelumnya yang Anda butuhkan sebelum melakukan tugas tambahan.
Anda mungkin perlu menjelaskan kepada klien Anda bahwa kru Anda dijadwalkan untuk membersihkan beberapa rumah pada hari tertentu dan oleh karena itu, setiap layanan tambahan harus diminta terlebih dahulu. Ini tidak hanya memastikan bahwa kru Anda dapat menghabiskan waktu tambahan yang diperlukan untuk membersihkan, tetapi bahwa mereka akan memiliki persediaan yang tepat untuk pekerjaan itu.
Komunikasi yang baik juga penting dalam kasus kecelakaan, kecelakaan atau barang yang rusak. Instruksikan karyawan Anda untuk meninggalkan catatan setiap kali terjadi masalah atau kecelakaan, dan untuk segera menghubungi Anda sehingga Anda mengetahui situasinya. Sangat berguna untuk memiliki formulir pra-cetak yang berisi daftar check off (barang rusak, noda yang tidak akan keluar, jendela retak, dll.) untuk pergi di rumah dan menghubungi informasi untuk perusahaan pembersih Anda.
Awak pembersih Anda juga dapat meninggalkan catatan jika mereka melihat tugas tambahan yang perlu dilakukan. Apakah ini musim semi dan jendela perlu dicuci? Apakah karpet terlihat kotor dan perlu dibersihkan? Ini tidak hanya menunjukkan kepada klien bahwa Anda peduli dengan rumah mereka tetapi juga dapat menyebabkan layanan tambahan yang dapat Anda berikan dan biaya.
Janji yang dibatalkan atau janji yang tidak terjawab dapat menyebabkan masalah jika Anda tidak berkomunikasi dengan klien Anda tentang kebijakan Anda. Garis besar kebijakan pembatalan Anda dalam kontrak pelanggan Anda dan diskusikan dengan pelanggan Anda sehingga mereka sepenuhnya mengetahui kebijakan Anda. Sebaliknya, jika karyawan Anda melewatkan janji, Anda harus memiliki kebijakan yang akan membuat pelanggan senang - mungkin diskon untuk layanan berikutnya.
Jangan biarkan kesalahpahaman sederhana tentang layanan yang Anda berikan meningkat menjadi kehilangan klien. Tetap buka jalur komunikasi yang baik untuk membantu memastikan kesuksesan Anda. Pastikan kru Anda meninggalkan catatan dan memeriksa panggilan telepon tindak lanjut untuk membuat klien Anda bahagia dan keuntungan Anda mengalir!